Anak Gemar Berbohong, Bagaimana Mengatasinya? Leave a comment

Hasil gambar untuk gambar ANAK BERBOHONG

 

Anak Gemar Berbohong, Bagaimana Mengatasinya?

Sebagai orang tua, kita tentu tidak ingin memiliki anak yang suka berbohong. Namun, meskipun sudah berusaha mendidik anak agar berperilaku jujur sejak kecil, terkadang kebiasaan berbohong masih muncul. Jangan terburu-buru memarahi anak ketika ia berbohong, apalagi menyebutnya sebagai ‘si tukang bohong’. Hal tersebut justru akan membuat perilaku anak semakin buruk.

Untuk mengatasi anak yang gemar berbohong, berikut tips yang bisa dilakukan oleh orang tua:

1.      Mencari tahu alasannya Kunci keberhasilan dalam menyelesaikan adalah mencari tahu penyebabnya. Jadi, ketika anak berbohong, ketahui dulu apa alasan anak melakukannya. Biasanya, anak berbohong karena beberapa alasan, seperti takut dihukum, ingin diperhatikan dan dipuji, tuntutan orang tua yang terlalu tinggi, meniru orang tua atau tayangan televisi, menutupi kekurangan, untuk mendapatkan keinginannya, atau untuk melindungi teman. Setelah itu, bijaklah menghadapinya. Terimalah penjelasannya kemudian berikan pengertian bahwa yang dilakukannya adalah sebuah kesalahan.

2.      Menjadi teladan  Anak adalah peniru ulung, apa yang dilihat akan ditirunya. Nasehat akan menjadi percuma tanpa keteladanan dari orang tua, termasuk dalam hal kejujuran. Orang tua harus mencontohkan kejujuran dalam ucapan dan tindakan. Misalnya, memberikan jawaban yang jujur ketika anak bertanya tentang sesuatu. Jika tidak, anak akan menganggap bahwa berbohong bukanlah hal yang dilarang karena orang tuanya pun melakukannya.

3.       Membiasakan sikap jujur Mendidik anak bersikap jujur tidak bisa hanya dengan kata-kata, melainkan dengan membiasakan anak sejak kecil. Sifat jujur merupakan salah satu bentuk kecerdasan moral yang hanya bisa dibentuk melalui pembiasaan. Latihlah agar anak terbiasa bersikap jujur dalam kehidupan sehari-hari sehingga kebiasaan baik ini akan terbawa sampai anak dewasa.

4.      Membangun komunikasi yang baik  Kebiasaan berbohong dapat dihilangkan jika komunikasi antara orang tua dan anak berjalan dengan baik. Orang tua harus bisa menjadi tempat yang paling nyaman bagi anak untuk menceritakan segala hal. Dengan begitu, mereka akan selalu jujur dan terbuka untuk membicarakan setiap masalah yang dihadapi dengan orang tuanya.  Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *