ANAK KENA BULLY,BAGAIMANA MENGATASINYA? Leave a comment

Hasil gambar untuk gambar anak di bully

 

ANAK KENA BULLY,BAGAIMANA MENGATASINYA?

Kasus bullying kini semakin sering terjadi. Sebagai orang tua, kita tentu tidak mengharapkan hal ini terjadi pada anak kita. Namun, kemungkinan selalu ada. Tak ada salahnya orang tua bersiap diri jika seandainya hal buruk tersebut menimpa putera-puterinya, dengan melakukan lima langkah penting berikut:Membuat anak merasa aman Saat menjadi korban bullying, anak akan merasa terancam dan ketakutan. Karena itu, buatlah anak merasa aman berada di rumah bersama orang tua dan keluarganya. Biarkan anak menceritakan apa yang dialaminya dengan perasaan tenang dan tunjukkan bahwa Anda mendukungnya.
Memberi tahu pihak sekolahJika kasus bullying terjadi di sekolah, segera beri tahu pihak yang berwenang di sekolah. Berikan informasi sejelas-jelasnya agar pihak sekolah bisa ikut turun tangan dan memberikan bantuan. Misalnya, memanggil anak-anak yang terlibat bersama orang tuanya dan mengambil tindakan yang diperlukan. Hal ini juga berguna agar sekolah mengambil kebijakan dan pengawasan yang lebih ketat sehingga kejadian serupa tidak terulang lagi.
Membantu anak mencari solusiMeskipun anak merasa tidak berdaya, anak harus tetap dilatih untuk memecahkan masalah. Tentu saja, orang tua harus tetap membantu dan mendampinginya dalam mencari solusi. Ajak anak berdiskusi, tanyakan apa solusi terbaik menurutnya, dan diskusikan bersama bagaimana solusi yang paling tepat.
Mengajari anak cara membela diriAjarkan pada anak untuk berani menghadapi bullying dengan cara yang tepat. Jangan berdiam diri tapi juga jangan memberi reaksi yang berlebihan. Cukup hadapi dengan kata-kata yang singkat dan tegas untuk menunjukkan bahwa ia tidak menyukai perlakuan yang diterimanya, segera tinggalkan pelaku, atau meminta bantuan orang dewasa jika ia sudah tidak bisa menghadapinya sendiri.
Melapor pada pihak berwajibOrang tua perlu melaporkan peristiwa yang dialami anak kepada pihak berwajib jika perlakuan bullying sudah melampaui batas. Tindakan dan ancaman kekerasan serta pelecehan seksual merupakan kasus yang harus diselesaikan secara hokum.
Demikianlah hal-hal yang perlu dilakukan orang tua untuk mengatasi anak korban bullying. Jangan lupa untuk selalu mendoakan anak agar terhindar dari peristiwa yang tidak menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *